BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

9.19.2009

JERAWAT


Dalam masalah penampilan no.1 adalah jika kita ada jerawat di muka kita .
okhhh tidakkk ..
pasti terasa bete banget tuk di emosikan , memang hal in i kita akan selalu membahas mengenai jerawat yang setiap saat bisa menyerang kita , terutama bagi kaum remaja yang identik masih sangat hangat-hangatnya ....

Jerawat (bahasa Inggris: acne) adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak yang biasanya menyerang pada muka yang selalu memiliki daya yang sensitif .. (sebaceous gland) yang selalu menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pada bagian pori-pori kulit. Dalam hal ini Daerah yang mudah terkena jerawat adalah pada bagian muka, dada, leher , dan pantat punggung dan tubuh bagian atas lengan.

Peradangan pada kulit terjadi jika kelenjar minyak memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan sehingga terjadi penyumbatan pada saluran kelenjar minyak dan pembentukan komedo (whiteheads) dan seborhoea. Apabila sumbatan membesar, komedo terbuka (blackheads) muncul sehingga terjadi interaksi dengan bakteri jerawat.

Jerawat digolongkan ringan bila bentuknya masih komedo dengan jumlah lesi kurang dari 30. Apabila jumlah lesi berkisar antara 30-125 maka dinamakan jerawat sedang (papule). Jerawat besar yang disebut nodul atau kista timbul bila lesi di atas 125.

Munculnya jerawat sering terjadi pada masa pubertas antara usia 14-19 tahun yang disebabkan oleh perubahan hormon pada remaja. Deteksi jerawat sejak dini sangat sulit sebab sebelum masa pubertas kulit anak akan mengalami pengelupasan tiga minggu sekali. Sedangkan ketika remaja, kulit mengelupas empat minggu sekali.

Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 85% populasi mengalami jerawat pada usia 12-25 tahun, 15% populasi mengalaminya hingga usia 25 tahun. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun.

Selain menimbulkan bekas jerawat, efek utamanya adalah pada jiwa seseorang, seperti krisis percaya diri atau minder dan depresi.

Komponen konsep diri yang sering terganggu pada remaja dengan munculnya jerawat yaitu gambaran diri (body image) dan harga diri, dimana pada masa remaja fokus individu terhadap fisik lebih menonjol dari periode kehidupan lain. Bentuk tubuh merupakan bagian dari gambaran diri, pada remaja yang berjerawat mengakibatkan perubahan bentuk tubuh dari remaja tersebut yang akan berdampak pada interaksi atau hubungan sosial dilingkungan, dimana remaja menjadi minder dan merasa tidak percaya diri yang akan mengakibatkan rendahnya harga diri.

Akan tetapi tidak semua para remaja yang sedang aktif-aktifnya akan yang namanya berjerawat dapat mengalami gangguan tersebut dalam konsep diri, hal ini bisa di sebabkan karena ada faktor

antara lain ::

  • pendidikan
  • pekerjaan,
  • pengetahuan/ informasi yang didapat dari media seperti televisi, majalah .

1 komentar:

F . Hasann mengatakan...

komentarrrr iyah !!! @_@